Sebuah Pengantar..

Posted: Mei 8, 2010 in Mari Belajar!

Halaman ini sengaja saya buat soalnya jujur saja, saya ini (atau kamu juga??) :
1. Mahasiswa biasa yang banyak kekurangan, kesalahan, dan khilaf… halah!
2. Orangnya lupaan.
3. Lebih suka nggambar dan nulis ketimbang menghafal!
4. Memori jangka pendeknya lebih baik daripada jangka panjangnya.. meskipun pada prakteknya sampai sekarang saya masih ingat gimana caranya bernafas!! Alhamdulillah…
5. Pemalas (malas menghafal, malas duduk di kursi sambil melototi diktat kedokteran/kedokteran gigi, malas fotokopi handout kecuali udah menjelang ujian)
6. Rajin (Nulis catetan…soalnya ngga suka baca buku tebel, yang bahasanya tinggi-tinggi, kopian handout yang acak-acakan, dah difotokopi berkali-kali sampe silinder saya nambah gara-gara tipis banget hurufnya! jadi mendingan nulis pake bahasa sendiri…niatnya sih cuma biar gampang saja memahaminya, sama alasan kuat lainnya adalah : BIAR IRIT…uang fotokopi bisa dipake buat beli bensin, nonton, atau makan…hehehe… Rajin mbaca lho!! hehe…tapi lihat dulu efek dan korbannya…ngerepoti temen-temen berupa minjem handout, sampai seringkali ngga sempet dibalikin atau malah hilang?? Minjem diktat sampe setahun lebih gara-gara ngga mampu beli diktat yang setara dengan harga kos saya dua bulan… itu saja yang diktat paling murah, koleksi e-book karena lagi-lagi kondisi finansial yang kurang memadai buat koleksi book tanpa “e”…baik yang nyedot dari internet ataupun yang prabayar, atau yang dari temen-temen…SALUTATIONS AND GRATITUDES for you guys! Kalo ngga ada kalian, saya ngga bisa belajar…hiks…hiks…
Dan yang penting…rajin doa dan ibadah supaya besok kalo ujian dijernihkan pikirannya, bisa ngejawab dengan baik, ngga ngantuk, pede meskipun beberapa soal ngga kejawab..haha!, dan ngga under pressure, amien!)
7. Dan mengutip perkataan salah satu inspirator Indonesia, Romi Satria Wahono di situsnya InfoKomputer.com yang bunyinya “ikatlah ilmu dengan menuliskannya” hemm… ya saya kopi saja dari beberapa catatan pembelajaran saya waktu masih kuliah dulu, terutama menjelang ujian profesi… ujian dimana seluruh calon peserta ujian berasa disuntik adrenalin bolak-balik padahal ngga syok anafilaktik…

Yap, itu sekelumit alasan-alasan dari niat saya bagi-bagi catatan yang memang ngga bisa dijadikan referensi untuk skripsi, jurnal, tesis atau apalah yang berbau ilmiah… karena isi blog ini memang hanya catatan dan diskusi hasil belajar bersama kala itu, ada yang dari saya, ada yang dari teman, dengan tujuan mempermudah belajar saja… jadi, kalo ada yang pengen kopi beberapa naskah, tulisan, atau foto saya disini… hehe… (jangan, banyak mudharatnya daripada manfaatnya kalo yang ini!) dengan tujuan memenuhi tugas paper atau diskusi, kopi aja… dengan sangat saya sarankan untuk menambah dan mengkomparasinya dengan beberapa buku yang juga saya baca sebagai acuan, biasanya saya sertakan kok… selamat belajar ya! Yang santai… namanya juga teras… kalo ada tukang nasi goreng lewat ya dipanggil aja, bikin kopi atau ngeteh gitu… camilan disana-sini… awas semut… angin semilir… Hoi!! Tidur??
Jangan dihafal, karena jadi dokter itu bukan perkara kamu punya berapa diktat, beli dimana, loakan apa bukan, sudah baca berapa diktat, sudah hafal belum diktatnya Guyton, definisimu sama persis kayak diktat apa ngga, halaman berapa definisi reaksi radang, blah…blah…blah… tapi untuk memahami dan mengerti permasalahan kesehatan yang dihadapi dan mencari solusinya… hafal luar dalam diktat kalo ngga ngerti gimana cara menyelesaikan masalah menurut saya agak kurang bijak… bisa – bisa malah menimbulkan masalah baru karena kamu sendiri dipusingkan oleh semua hafalanmu tadi yang bisa jadi berbeda dari satu buku, ke buku yang lain… percaya deh… kamu ngga akan mbahas semua itu nanti kalo pasien udah duduk berkeluh kesah di depanmu kelak…

Ingat ya, kita bukan sedang berlomba banyak-banyakan dan siapa yang paling sempurna dalam menghafal dan melafalkan huruf, kata, kalimat, bait, paragraf yang ada dalam diktatmu… tapi belajar memahami ilmu kesehatan manusia di almamatermu masing-masing, untuk kemaslahatan manusia juga kamu nantinya…amien!

Terima Kasih!

Jangan berhenti belajar, anak bangsa!
Salam Sejawat.

Komentar
  1. dika agung bakhtiar mengatakan:

    nice post bro..ini yang saya harapkan dari seorang gilang rasuna sabdho wening….ga pernah berhenti blajar dan berbagi ilmunya dengan orang lain…ketika aku baca semua postinganmu jadi teringat ujian profesi,,kamu dan temen2 yang lain ga berhenti buat nyemangatin aku blajar sampe malem..tengah malem kayaknya,,haha…
    buat temen2 smua wajib baca postingan ini..bermanfaat dunia akhirat lah pokoknya…dijamin halal…akhir kata..you never stop improving yourself to the world….thanks untuk smua ilmu yang sudah bersedia dibagi ini,,,,

    • gilangrasuna mengatakan:

      wo… terima kasih brader dika… iya… tapi tu semua karya tim brad.. ada bang ega, mas rio, bung ibnu… hahahahaha!!! jangan lupakan prof. rangga surya ya… most wanted person kalo dah ujaian BM… sampe sekarang loh!! wuih… jaya deh buat dia… makasi ya… ditunggu kontribusi dari temen2 yang lain, semangat brad!

Tinggalkan Balasan

