Pencegahan Karies Gigi -Lite Version-

Posted: Juni 11, 2010 in Mari Belajar!

Kebersihan mulut.

Kebersihan perorangan terdiri dari pembersihan gigi yang baik. Kebersihan mulut yang baik diperlukan untuk meminimalisir agen penyebab penyakit mulut dan membuang plak gigi. Plak tersebut mengandung bakteri. Karies dapat dicegah dengan pembersihan dan pemeriksaan gigi teratur.

Pengaturan makanan.

Untuk kesehatan gigi, pengaturan konsumsi gula penting diperhatikan. Gula yang tersisa pada mulut dapat memproduksi asam oleh bakteri. Pengonsumsian permen karet dengan xilitol dapat melindungi gigi. Permen ini telah popler di Finlandia. Efek ini mungkin disebabkan ketidakmampuan bakteri memetabolisme xilitol.

Tindakan pencegahan lainnya

Sejak dulu, fluoride diyakini mampu mencegah proses karies gigi. Akhir abad ke-19 penambahan fluor dalam makanan dianjurkan sebagai upaya membatasi karies gigi.  Oleh karena itu kemudian banyak tersedia produk yang mengandung fluor untuk konsumsi masyarakat antara lain tooth powder, pasta gigi, obat kumur, pastiles, dan lain-lain. Tahun – tahun berikutnya penelitian tentang fluor lebih dipusatkan pada kemungkinan efek toksik fluor terhadap gigi.

Efek samping :

  • Konsumsi berlebihan sampai batas 45 mililiter larutan fluor 2 % dapat menyebabkan kematian
  • Terjadinya dental fluorosis. Tetapi dengan menghindari pemaparan yang terlalu lama dan sigap dalam pembilasan akhir(kumur-kumur) dapat mencegah terjadinya dental fluorosis.

Keuntungan :

  • Fluor merangsang terjadinya remineralisasi (pembentukan kembali zat mineral penyusun email) dalam rongga mulut
  • Fluor memperkokoh susunan email gigi dengan pembentukan fluorapatite, sehingga gigi lebih tahan terhadap invasi bakteri mulut
  • Fluor dapat menghambat pembentukan asam bakteri pada gigi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s